Rabu, 25 Februari 2009

Kenapa Atlet Renang Harus Mandi Pancuran?

Menonton atlet renang di Olimpade Beijing memang tidak membosankan. Tapi ada satu pemandangan yang serupa di olahraga ini di seantero dunia. Setiap kali perenang itu usai berlaga, selalu saja mereka senang bermandi shower dengan guyuran air di pinggir kolam. Ini juga berlaku pada penyelam, dan pelompat indah.
Mengapa mereka suka sekali mandi air pancuran setiap habis bertanding di kolam renang? Sejumlah teori dipaparkan oleh para ilmuwan. Ada yang berpendapat bahwa atlet-atlet itu perlu membersihkan kandungan klorin dari rubuh mereka. Ada juga yang berpendapat mereka hanya ingin bersenang-senangn saja


Otot Tegang
Tapi seorang analis selam, Cynthia Potter, punya teori lain. Menurutnya, penyelam dan perenang butuh mandi pancuran sebab mereka harus menghangatkan otot-ototnya begitu keluar dari air. Suhu di air kolam berbeda dengan udara sekitarnya. Suhu air kolam lebih hangat daripada suhu udara di permukaan. Perbedaan ini bisa menyebabkan otot menegang. Untuk menghindarinya maka atlet tersebut menghangatkan diri dengan air pancuran yang baru saja keluar.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Text

  ©Template by Dicas Blogger.