Jumat, 27 Maret 2009

Tips Menghafal Rumus

Mata Pelajaran SMP
PDF Print E-mail
Written by Suryadi Lawira
Friday, 21 November 2008 12:07
BAHASA INDONESIA

1. Mengajak siswa belajar sambil bermain, misalnya karya wisata untuk belajar membuat karya tulis sekaligus pemekaran kosakata, bermain teka-teki, pengamatan lingkungan kemudian membuat cerpen, novel, ataupun puisi.

2. Amatilah kejadian-kejadian yang ada di sekitarnya kemudian tuangkan dalam bentuk puisi, cerpen, prosa di mading sekolah, bisa juga dikirim pada media massa. Lumayan juga!

3. Catat kata-kata yang lagi popular tetapi lazim dipakai umum dari media massa cetak maupun elektronik. Inventarisasi di bukumu dan apabila tidak tahu artinya, carilah di kamus kemudian ciptakan dalam teka-teki yang nantinya bisa dipakai/ditukar silangkan antar kelompok.


IPA - BIOLOGI

1. Belajar biologi lebih mudah diingat apabila kita dapat mengamati sendiri, misalnya melalui praktikum.

2. Pelajari lagi di rumah karena banyak istilah atau bahasa latin yang digunakan.

3. Belajarlah dengan minat yang tinggi dan gunakan penalaran untuk menghafal, misalnya dalam menghafal ciri-ciri tumbuhan dikotil, maka kita ambil satu contoh tumbuhan dikotil seperti mangga. Kemudian dari situ kita bisa mengenali ciri-cirinya.


IPA - FISIKA

1. Hilangkan anggapan bahwa pelajaran fisika itu pelajaran yang paling sulit untuk dipelajari

2. Belajar dan bermain bersama alat peraga fisika dengan santai ini akan menyenangkan untuk kalian.

3. Apabila mendapat rumus baru , tulis dan langsung hafalkan. Tulis semua rumus-rumus yang sudah hafal dan tempelkan di meja belajar yang mudah kamu lihat sehingga setiap kali mudah kamu baca.(Lama-lama jadi kamus berjalan).

4. Kerjakan latihan dengan santai dan senang hati tetapi jangan lupa harus teliti !

5. Ingat, FISIKA BUKAN PELAJARAN MENYERAMKAN untuk kalian!

MATEMATIKA

1. Pelajarilah teknik belajar yang efektif agar kamu bisa belajar dengan waktu yang relatif singkat tapi dengan hasil yang lebih memuaskan. Sebagai contoh teknik penyebaran waktu mengajarkan bahwa lebih baik belajar tiga kali satu jam daripada satu kali tiga jam.

2. Pelajarilah teknik mengingat, baik dari buku atau dari mereka yang sudah menguasainya. Dengan kemampuan ini daya ingatan akan dipertajam sehingga kamu bisa mengingat bahan pelajaran dengan cepat dan akurat. Contoh : mengingat nilai cosinus, sinus dan tangan dalam kuadran.

Untuk memudahkan mengingat, kita ada titian ingatan semua (I), sin-dikat (II), tang-annya (III), cos-ong (IV). Semua sindikat tangannya kosong.

sumber:margieschool.com

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Text

  ©Template by Dicas Blogger.